Suasana Perayaan Idul Adha 1437 H MIN Demangan Kota Madiun

Kota Madiun (MIN Demangan) – Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, Laa illaa haillallah-huwaallaahuakbar, Allaahu akbar walillaahil hamd!!! Hari raya Idul Adha atau biasa disebut hari Kurban identik dengan penyembelihan hewan kurban yang dirayakan umat Islam setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Dan Kemeriahan Gema Takbir masih terniang, seperti Kemeriahan yang terlihat di lingkungan Keluarga Besar MIN Demangan Kota Madiun yang merayakan Hari Raya Idul Adha di tahun ini. Meskipun Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin, 12 September 2016. Lantas tidak mengurangi semangat Keluarga Besar MIN Demangan Kota Madiun untuk memperingati Hari Besar Islam yaitu Hari Raya Idul Adha 1437 H di hari Selasa, 13 September 2016. Penyembelihan hewan kurban di mulai pada jam 07.00 – selesai. Penyembelihan dilakukan di halaman belakang kampus 1 di Jalan Sitinggil No.3 Madiun. Adapun tujuan dari perayaan Idul Adha ini sangatlah banyak diantanya sebagai pencerah jiwa karena dengan berkurban berarti jiwa kita terhubung dengan ketaqwaan kepada Allah SWT, dapat memupuk keikhlasan, kejujuran dan kesabaran yang membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya juga mencintai makhluk ciptaanNya, mempererat tali persaudaraan kepada sesama manusia serta sikap solidaritas yang tinggi, dan memperkuat keteguhan hati dan jiwa dalam diri kita.

Keluarga Besar MIN Demangan Kota Madiun melakukan penyembelihan hewan kurban disetiap tahunnya. Tahun ini MIN Demangan Kota Madiun menyembelih sebanyak 4 ekor hewan Sapi dan 6 ekor hewan kambing. Hewan kurban itu merupakan hewan kurban berasal dari berbagai sumber, baik dari pihak guru maupun wali murid . Dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian berjalan lancar dimana seluruh Keluarga Besar MIN Demangan Kota Madiun turut berpartisipasi dan terjun langsung dalam setiap prosesnya. Daging kurban yang telah selesai disembelih dan di potong-potong lalu di distribusikan kepada siswa-siswi MIN Demangan Kota Madiun dan lingkungan masyarakat di sekitar Madrasah. Dari kurang lebih 1500 siswa-siswi MIN Demangan Kota Madiun, sekitar 580 siswa-siswi yang menerima dan sekitar 298 penduduk sekitar lingkungan Madrasah juga menerima daging kurban.

Bapak Imam Muhdi selaku Ketua Panitia Penyembelihan Hewan kurban mengatakan “Saya berharap Keluarga Besar MIN Demangan Kota Madiun mampu merayakan Idul Adha dengan penuh pemaknaan. Sehingga Idul Adha tak hanya sekedar ritual pemotongan dan penyaluran hewan kurban”. Bapak imam menambahkan, “saya berharap kita semua dapat meningkatkan kualitas dalam beragama. Semakin tingginya kualitas beragama maka ia berharap ikatan antar umat Islam akan menguat”.

“Marilah kita sambut, rayakan dan maknai sebagai momentum peningkatan kualitas kehidupan keagamaan kita yakni dengan melaksanakan ibadah kurban sebagai bentuk kepedulian kita pada kaum dhuafa dan mengembangkan budaya berbagi untuk umat Islam pada umumnya dan Keluarga Besar MIN Demangan pada khususnya” Ucap Bapak Parnu selaku Anggota Panitia Penyembelihan Kurban. (EMA)