SISWA SISWI MIN DEMANGAN ADAKAN KUNJUNGAN KE SANGGAR KARYA BUDAYA WAYANG

Kota Madiun (MIN Demangan) – Wayang. Madiun (06/10) siswa siswi MIN Demangan kelas 2 mengadakan kunjungan ke Sanggar Karya Budaya yang berada di Jl. Imam Bonjol Gg. Jatijajar No. 2 Madiun. Kegiatan kunjungan ini dilakukan dalam rangka mengisi kegiatan pasca PTS semester ganjil. Dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya wayang kepada anak bangsa serta mengenalkan cara membuat wayang. Kegiatan ini juga dilakukan untuk merefresh anak-anak sejenak setelah melaksanakan sederetan jadwal pelajaran sekaligus penggemblengan PTS yang telah dilalui seminggu yang lalu.

Dalam kunjungan ini anak-anak tidak sekedar menjadi penonton dan pendengar yang baik, tetapi anak-anak juga belajar menjadi pewancara yang baik. Anak-anak dijadikan sebagai aktor pewancara yang hebat yang harus mencari informasi-informasi penting tetang sanggar karya budaya.

Kunjungan keluarga MIN Demangan disambut dengan antusias oleh pemiliknya. Pemilik sanggar karya budaya tersebut adalah Pak Sarjito. “Kami sangat senang dan antusias dengan kedatangan anak-anak MIN Demangan dan kami merasa sangat senang dapat memperkenalkan serta mengajari anak-anak tentang budaya wayang”, tutur Pak Sarjito. “Anak-anak juga sangat senang dapat mengetahui macam-macam jenis wayang serta dapat mengetahui cara membuat wayang. Ini juga merupakan media pembelajaran Bahasa Jawa bagi anak-anak dalam bab Punakawan”, tutur Bu Anik selaku Guru Kelas 2.

Semoga dengan adanya kunjungan ini dapat menumbuhkan rasa peduli anak terhadap kebudayaan wayang asli milik Bangsa Indonesia. Serta anak-anak tertarik untuk mengikuti dan ikut berpartisipasi dalam menjaga budaya asli Indonesia.

Kalau bukan kita yang menjaga dan melestarikannya, siapa lagi ? (HID)