Pelaksanaan Try Out Kota Tahun Pelajaran 2015/2016 MIN Demangan Kota Madiun

Hari ini, Senin 25 April 2016 MIN Demangan dan seluruh sekolah ditingkat SD/MI se-Kota Madiun sedang menghadapi try out US/M yang diadakan oleh pemerintah Kota Madiun. Try out Kota ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu hingga Rabu lusa tanggal 27 April 2016.

Try out kota tahun ini, MIN Demangan menggunakan 9 ruang dengan tempat duduk siswa yang sudah disesuaikan dengan posisi duduk saat US/M yang sesungguhnya pada tanggal 16 hingga 18 Mei 2016 mendatang . Setiap ruang tersebut berisi 20 siswa, kecuali satu ruang yaitu ruang 09 yang hanya berisi 18 siswa.

Sedikit berbeda dengan try out Kecamatan pada bulan Maret lalu, dalam Try out kota ini tim pengawas ujian sudah bukan berasal dari kalangan guru MIN Demangan sendiri, namun berasal dari sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah Negeri lainya yang ada di Kota Madiun. Guru sekolah lain yang mendapatkan tugas mengawas di MIN Demangan tersebut adalah guru yang berasal dari SDN 01 Taman, SDN 02 Taman, SDN 01 Pandean, SDN 02 Pandean, SDN 02 Mojorejo. Jumlah seluruh pengawas dari sekolah tersebut adalah 18 orang ditambah dengan 1 pengawas cadangan.

Try out Kota dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. Namun demikaian, siswa-siswi kelas VI sudah harus berada di dalam ruang ujian pada pukul 07.30 WIB. Pada pukul 07.30 WIB hingga 08.00 WIB pengawas ujian diperkenankan untuk membagikan  Lembar Jawaban Kerja (LJK) kepada siswa, setelah itu siswa mengisi identitas diri pada lembar LJK yang telah dibagikan tersebut. Baru pada pukul 08.00 WIB siswa diperbolehkan untuk membuka dan mengerjakan soal ujian hingga pukul 10.00 WIB.

Dalam rangka menghadapi try out Kota ini, seluruh siswa kelas VI MIN Demangan diharuskan untuk berangkat sekolah lebih awal sebelum waktu bel masuk ruang ujian berbunyi, yaitu pada pukul 06.00 WIB. Mereka masuk pagi agar dapat mengikuti bimbingan atau drill persiapan dan pemantapan materi pelajaran yang akan diujikan pada hari itu bersama dengan guru mata pelajaran terkait. Selain itu, untuk lebih memntapkan materi pada hari esoknya, siswa juga mendapatkan bimbingan tambahan pada sore harinya, yaitu pada pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB

Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama, Senin 25 April 2016 adalah Bahasa Indonesia, kemudian pada hari kedua 26 April 2016 adalah Matematika, dan hari ketiga Rabu 27 April 2016 adalah Ilmu Pengetahuan Alam.

Demi terlaksananya kelancaran dan kesuksesan try out Kota tahun ini, seluruh siswa kelas 1 dan kelas 2 MIN Demangan Kota Madiun masuk pukul 07.00 WIB dan pulang jam 10.00 WIB. Sedangkan untuk siswa kelas 3,4 dan 5 berangkat pukul 10.00 WIB.

Menurut penuturan salah satu panitia try out Kota dari MIN Demangan Ibu Sri Utami, S.Pd, tidak ada hambatan dalam pelaksanaan Try out Kota hari pertama ini, baik yang berasal dari siswa maupun pengawas ujian. “ Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar.” Kata beliau. Selain itu  Osya Azifa, salah satu peserta ujian dari Min Demangan mengatakan,” Soal Bahasa Indonesianya lumayan gampang, alhamdulillah tidak ada soal yang membingungkan.” (ZUL)