294 SISWA MIN 1 KOTA MADIUN IKUTI MUNAQOSAH

Kota Madiun (MIN 1) –  Senin (06/01) sebanyak 294  siswa mengikuti kegiatan Munaqosah Ummi di Kampus II MIN 1 Kota Madiun yang berada di Jl. Salak No 26 . Munaqosah Tahfidzul Qur’an adalah ujian yang bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam menghafal ayat-ayat Al Qur’an sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran Al Qur’an yang selama ini dilakukan di madrasah. Peserta munaqosah ini adalah siswa kelas 4 dan 5 yang telah menyelesaikan Ummi jilid 1-6, alqur’an, ghorib, tajwid. Nantinya yang dinyatakan lulus dalam munaqosah ini dapat mengikuti wisuda yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2020.

Pada kegiatan ini peserta diuji enam materi di depan munaqis (penguji) yang berbeda. Keenam materi uji tersebut yaitu tartil, fashohah, ghorib, tajwid, tahfidz 1, dan tahfidz 2. Untuk penguji munaqosah berasal dari luar madrasah. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga standarisasi uji tes yang dilakukan.

Ketika ditanya syarat siswa dapat mengikuti munaqosah jenjang tahfidz, Arawinda menjelaskan siswa harus memiliki hafalan juz 30 dan lulus uji. Jadi jenjang tahfidz ini satu tingkat lebih tinggi dari jenjang ummi.

“Madrasah mencetuskan program tahfidz dengan target siswa lulus dari MIN 1 telah hafal Al-Qur’an minimal 1 juz.” ujar Hunna, selaku koordinator Ummi. Hunna juga menyampaikan kebanggan tersendiri kepada siswa-siswi MIN 1 Kota Madiun yang memiliki semangat tinggi belajar Al-Qur’an. (HU)