Tingkatkan mutu kualitas pembelajaran daring, Guru MIN 1 Kota Madiun Getol adakan KKG kelas tiap hari

Kota Madiun (MIN 1) – Tahun ajaran baru 2020/2021 semester 2 sudah berjalan sejak 5 Januari kemarin. Di semester dua ini kegiatan pembelajaran masih dilakukan di rumah masing-masing melalui system daring, sementara untuk kegiatan tatap muka menunggu info selanjutnya. Seiring dengan tuntutan profesionalitas guru, maka sudah menjadi keharusan bagi setiap guru untuk berinovasi dalam menjalankan profesinya. Guru tidak hanya sekedar mengajar di depan kelas atau mengajar olahraga di lapangan. Sebagai guru olahraga dengan ilmu yang dimilikinya dan ditransfer kepada peserta didik secara monoton dari tahun ke tahun.

Demi meningkatkan mutu kualitas pembelajaran daring, Guru MIN 1 Kota Madiun Getol adakan KKG kelas tiap hari. Karena dewasa ini guru harus mampu menimba lebih banyak ilmu, mengembangkan metode pembelajaran. Bahkan, harus mampu melakukan penelitian-penelitian demi meningkatkan profesinya sebagai guru. Minimal melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari apa yang selama ini mereka lakukan dalam kegiatan belajar mengajar. Menimba ilmu dan meningkatkan kualitas mengajar bagi guru, tidak harus dengan biaya yang mahal atau dengan cara yang rumit.

Salah satu cara yang murah terutama bagi guru adalah mengoptimalkan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) yang telah dijadwalkan. Dalam KKG seorang guru dapat sharing dengan guru yang lain. Dapat pula memusyawarahkan ide-ide inovatif dalam pembelajaran yang nantinya dapat dipraktikkan di sekolah masing-masing. KKG bertujuan untuk memperlancar upaya peningkatan mutu pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keterampilan profesional para tenaga kependidikan. Khususnya bagi guru sekolah dasar dalam meningkatkan mutu kegiatan/proses belajar mengajar dan mendayagunakan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki sekolah. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu belajar.

Kegiatan KKG sangat bermanfaat bagi guru peserta KKG dalam meningkatkan kualitas keilmuannya. Kualitas ilmu yang bermanfaat dalam mengembangkan pembelajaran inovatif, yang bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan. KKG merupakan salah satu sarana yang efektif guna meningkatkan profesi guru. (hu)