SUGUHAN ATRAKTIF MIN 1 KOTA MADIUN RAIH JUARA DALAM GEBYAR PAWAI TAARUF 1 MUHARRAM 1439 H

Kota Madiun (MIN 1 Kota Madiun) – MIN 1 Kota Madiun kembali menampilkan sajian menarik pada acara Pawai Ta’aruf 1 Muharram 1439 H (21/09) kemarin. Pada penampilan kali ini MIN 1 Kota Madiun mengangkat tema “Peran Ki Ageng Ronggo Jumeno dan Raden Ayu Retno Dumilah dalam Mendirikan Wilayah Madiun Melalui Syiar Agama Islam”. Alasan tim dari MIN 1 Kota Madiun mengangkat tema tersebut yakni untuk mengambil spirit perjuangan dan kepemimpinan dari Ki Ageng Ronggo Jumeno dan Raden Ayu Retno Dumilah. Dalam menyambut tahun baru islam kita sebagai umat islam hendaknya memupuk semangat baru dengan penuh visi kedepan serta perjuangan yang didasari keimanan dan ketaqwaan.

Sugeng Rismiyanto, selaku Wali Kota Madiun menyampaikan jika peringatan 1 Muharram merupakan perwujudan hijrahnya Rasulullah dari Mekah menuju Madinah, hal ini juga dimaknai bahwa umat Islam harus mampu lebih baik dari tahun sebelumnya. Pawai  1 Muharram yang lebih dikenal dengan Pawa Ta’aruf ini diselenggarakan oleh Bagian Administrasi Perekonomian dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kota Madiun dan dilombakan. Pada Pawai yang diikuti oleh sekitar 3000 peserta yang terdiri dari 21 gugus kelompok Paud, TK, RA, dan BA dengan drumband dari 3 sekolah, sedangkan untuk kelompok SD/MI diikuti oleh 26 sekolah dengan drumband dari 5 sekolah. Dan terakhir 18 sekolah dari kelompok SMP/MTS dengan drumband dari 2 sekolah MIN 1 Kota Madiun berhasil meraih gelar Juara 2.

Dengan pasukan drumband “Gita Prima MIN 1 Kota Madiun” dan mengerahkan sekitar 90 siswa pasukan pawai dengan penampilan yang apik dan menarik MIN 1 Kota Madiun berhasil meraih gelar juara tersebut. Pasukan pawai kali ini terdiri dari 2 siswa dan siswi sebagai Ronggo Jumeno dan Retno Dumilah, 4 pasukan pengawal berkuda, 50 siswa sebagai prajurit bersenjata gandewo dan keris, 34 siswa sebagai prajurit tombak dan umbul-umbul. Dibawah bimbingan Pak Eka dan Bu Okta dengan latihan yang maksimal berhasil membawa kemenangan lagi bagi MIN 1 Kota Madiun. “alhamdulillah tidak sia-sia hasil jerih payah kami dan tim, semoga dikesempatan selanjutnya kami bisa meningkatkan prestasi MIN 1 Kota Madiun” tutur Pak Eka seusai acara Pawai Ta’aruf

“Pawai kali ini juga sebagai pelajaran mengenal sejarah cikal bakal berdirinya Madiun serta syiar Islam di Madiun, dan semoga menjadi sebuah kesan tersendiri bagi warga Madiun yang telah menyaksikan agar tetap mengingat sejarah dan menerapkan semangat perjuangan untuk Islam” Pesan Pak Salimi selaku ketua panitia pawai MIN 1 Kota Madiun. (ITSNA)