Study Banding dari MIN Curah Jeru dan MIN Tanjung Pecinan Situbondo

Sabtu (14/11/2015) kemarin, MIN Demangan Kota Madiun kedatangan tamu dari MIN Curah Jeru Kec. Panji dan MIN Tanjung Pecinan Kec. Mangaran Kabupaten Situbondo. Kunjungan kedua  MIN itu dalam rangka studi banding pengelolaan dan manajemen sekolah. Mulai bidang administrasi, akademik, kesiswaan hingga pemasaran sekolah.

 

Kunjungan dari MIN Curah Jeru Kec. Panji dan MIN Tanjung Pecinan Kec. Mangaran Kabupaten Situbondo, berjumlah 58 orang. Diskusi santai mengawali study banding ini. Setengah jam kemudian, seluruh rombongan melakukan observasi ke kelas-kelas di Kampus I MIN Demangan Kota Madiun Jalan Sitinggil. Mulai dari lantai satu hingga 2 tidak ada yang terlewat. Didampingi waka kehumasan dan perwakilan guru, rombongan mendapatkan penjelasan tentang kegiatan harian siswa, mulai dari masuk kelas hingga keluar pulang sekolah. Beberapa guru ikut terlibat tanya jawab terkait pembelajaran di kelas.

 

Hasil karya siswa yang didisplay di lorong-lorong kelas tidak luput menjadi bahan perbincangan. Kilatan blitz kamera berkali-kali mengabadikan setiap tampilan karya siswa. “Kegiatan tiap kelas sangat hidup ya! Siswanya bener-bener kreatif” komentar salah satu peserta study banding. Sepatu yang tertata rapi di rak-rak lorong tak luput dari perhatian rombongan.

 

Setelah 2 jam berkeliling lingkungan sekolah , rombongan kemudian diarahkan ke ruang pertemuan di kampus  II jalan Salak III. Selanjutnya, rombongan disuguhi tayangan profil sekolah. Dari tayangan profil itu, tergambar dengan jelas visi dan misi, budaya kelas, budaya madrasah dan prestasi – prestasi yang diraih MIN Demangan Kota Madiun

 

Ba’da Dzuhur dilanjutkan dengaan diskusi dan sharring terkait dengan permasalahan, pengembangan dan program-program unggulan masing-masing sekolah. Tak ketinggalan kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013 ikut menjadi bahasan. Mulai dari kendala-kendala teknis di kelas hingga kompetensi guru pengajar menjadi diskusi bersama.

 

Menjelang sholat Asar, kegiatan-pun diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. “Semoga dengan studi banding ini mampu memberikan manfaat bersama dan membuka wawasan baru tentang pengelolaan sekolah” ucap Ibu Sriyati selaku WAKA MIN Demangan Kota Madiun.