Siswa-siswi kelas enam MIN Demangan Kota Madiun mengadakan latihan paduan suara di ruang tenis Kampus I MIN Demangan Kota Madiun, Jum’at (27/05/16) guna persiapan mengisi acara pelepasan siswa kelas VI (Enam) yang rencananya akan diselenggarakan pada Jum’at (01/06/16) mendatang.  Paduan suara ini dibimbimbing dan dibina langsung oleh Bapak Wawan dan Ibu Idarotun ni’kmah, S.Pd yang memang sudah berpengalaman dibidang musik. Latihan ini, diisi oleh 178 orang anggota paduan suara yang kesemuanya adalah siswa-siswi kelas VI (enam) MIN Demangan Kota Madiun.  Dalam latihan tersebut, tim paduan suara kelas VI akan membawakan 3 lagu yaitu hymne madrasah, jadilah legenda dan hymne guru. Menurut salah satu penuturan pembina paduan suara Bpk Wawan, S.Pd,” Tidak ada kendala yang dirasa selama latihan berlangsung, karena untuk masalah vocal sudah cukup bagus, tinggal harmonisasi gerakan saja yang masih perlu pembenahan.” Rencana latihan ini akan terus dilaksanakan hingga menjelang hari H nati.  Masih menurut Bpk Wawan,” Latihan paduan suara ini dilaksanakan setiap hari sejak senin tanggal 23 Mei lalu, dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB."  Sedangkan menurut Ibu Idarotun ni’mah, S.Pd “Latihan paduan suara seperti ini diadakan guna mempersiapkan mental dan kualitas siswa untuk membuat sebuah paduan Suara yang baik pada saat acara pelepasan siswa nantinya". (ZULFA)

2 Mei 2016 adalah Hari bersejarah bagi rakyat Indonesia. Peringatan Hari Pendidikan Nasional diperingati diseluruh penjuru Nusantara yang jatuh pada tanggal 2 Mei. MIN Demangan Kota Madiun adalah salah satu lembaga dibawah naungan Kementian Agama di Kota Madiun yang turut memperingati Hari Nasional Pendidikan Tahun 2016. Seluruh civitas MIN Demangan Kota Madiun diantaranya Siswa kelas 3 dan kelas 5, serta seluruh bapak dan ibu guru di MIN Demangan Kota Madiun mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional bukan hanya sekedar acara ceremonial akan tetapi Hari Pendidikan Nasional diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan dari Pendidikan Nasional, dapat memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan setrategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa, selain itu juga diharapkan semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia, serta meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.

Kegiatan Upacara Hari Pendidikan Nasional MIN Demangan Kota Madiun diselenggarakan di halaman belakang Kampus 1 di Jalan Sitinggil No.3 Kota Madiun. Acara di mulai jam 07.00-selesai. Kegiatan Upacara berjalan dengan lancar dan hikmat. Pidato yang disampaikan Bapak Bambang Wiyono, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Madrasah yang bersumber dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bertema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”.

Dalam pidato yang disampaikan tersirat banyak sekali hikmah yang dapat diambil kaitannya dengan dunia pendidikan yang bersinergis dengan pembentukan karakter bangsa. Besar sekali tugas seorang para pemangku didunia pendidikan untuk membangkitkan semangat dan membangun karakter  bangsa ini menjadi menjadi bangsa yang memiliki peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan secara komperhensif dan berbudi pekerti yang luhur.

Setelah menyampaikan isi dari pidato dari Mentri pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Bapak Bambang juga menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta upacara khususnya untuk Bapak/ Ibu Guru di MIN Demangan Kota Madiun kaitannya dengan beberapa gambaran guru. Bapak Bambang mengatakan “Ada beberapa gambaran guru diantaranya guru gusar dan guru bayar, guru benar, guru sabar, guru sadar dan guru pintar. Jadilah guru yang memiliki gambaran yang baik diantara beberapa gambaran guru yang ada.” Harapannya para Guru yang ada di MIN Demangan Kota Madiun dapat menjadi Guru yang menjadi penggerak kemajuan berpijar, siswa berbinar, Madrasah bersinar dan Negeri pun menjadi Besar.

Bapak Bambang juga menambahkan,” Untuk anak-anak ku semua, mohon untuk mempersiapkan diri untuk mengahadapi Ujian Kenaikan kelas, waktu tinggal beberapa minggu lagi. Inshaallah Ujian Kenaikan Kelas akan diadakan pada tanggal 20 Mei 2016. Pesiapkan dengan sebaik mungkin. Semoga semua anak-anak ku semua naik kelas dengan hasil yang memuaskan.”

Semoga dengan adanya Peringatan Hari Pendidikan Nasional di setiap tahunnya dapat menumbuhkan nilai- nilai karakter Pancasila di kalangan siswa-siswi dan dapat menumbuhkan semangat perubahan kearah yang positif untuk seluruh Bapak/Ibu Guru serta semua lapisan yang ada di MIN Demangan Kota Madiun. Kami segenap keluarga besar MIN Demangan Kota Madiun mengucapkan “SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI 2016” (EM)