Raih Juara I Lomba Kader Tiwisada Tingkat SD/MI Kota Madiun

Selasa tanggal 11 April 2016 dan Rabu tanggal 12 April 2016 lalu, Alief Syachraman siswa kelas IVA dan Regina Saraswati siswi kelas IVF MIN Demangan Kota Madiun telah mengikuti lomba Kader Tiwisada yang diadakan oleh Dinas Kesehatan. Dalam lomba tersebut, mereka berhasil meraih juara I putra dan juara I putri. Prestasi ini cukup membanggakan mengingat lomba tersebut diikuti oleh seluruh sekolah tingkat SD/MI se-Kota Madiun. Rencananya, pemenang lomba ini akan maju ke tingkat provinsi dan bersaing dengan peserta dari kota-kota lain di Surabaya pada bulan-bulan mendatang.

Lomba dilaksanakan mulai pukul 07.15 WIB hingga 15.00 WIB. Selama dua hari di Kantor Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Rangkaian lomba pada hari pertama terdiri dari tes tulis, tes kesehatan pribadi, tes praktik, tes ketajaman mata dan tes menyusun makanan gizi seimbang. Dalam tes kesehatan pribadi, seluruh peserta di check untuk mengetahui kondisi kesehatanya sendiri, sedangkan dalam tes praktik, seluruh peserta diminta untuk bisa memeragakan bagaimana cara mengukur Tinggi Badan dan berat badan dengan benar.

Pada tes hari pertama, Alief (IVA) mengaku kesulitan saat menjawab satu pertanyaan saja, seperti yang dituturkan pada tim humas Min Demangan, Rabu 13 April pagi kemarin,”Saya sedikit kesulitan saat menjawab pertanyaan tentang nama ASI yang baru keluar dan berwarna kuning”. Katanya sambil tersenyum.

Tes pada hari ke dua hanya terdiri dari tes mengarang. Dalam tes mengarang tersebut, siswa mendapatkan judul sesuai dengan undian yang mereka pilih sendiri. Dalam tes tersebut Alief mendapat bagian mengarang dengan judul “Narkoba” sedangkan Regina mendapatkan bagian mengarang dengan judul “Hepatitis B”.

Hasil pemenang lomba diumumkan pada hari ke dua setelah pelaksanaan lomba selesai. Juara I mendapatkan hadiah berupa Piala, Piagam dan Uang pembinaan sebesar Rp. 750.000,- dan dipotong pajak sebesar 5%.

Dalam lomba Kader Tiwisada kali ini tim pembina yang ditunjuk dari MIN Demangan ialah Ibu Suryani, S.Ag dan Bpk Adit. Persiapan yang dibutuhkan untuk melatih siswa yang akan mengikuti lomba adalah kurang lebih selama 1 bulan.

Program Kader Tiwisada atau Dokter Kecil ini diselenggarakan bekerja sama dengan UKS yang berperan untuk membantu UKS dalam mengerjakan tugas-tugas UKS seperti mengukur Berat Badan dan mengisi KMS serta tugas UKS yang lainya.