MIN DEMANGAN KOTA MADIUN JUARAI FESTIVAL DAN KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH TINGKAT NASIONAL

Kota Madiun (MIN Deamangan) – Tepat pada hari Senin, 31 November 2016 kemarin, tim robotik MIN Demangan dinobatkan sebagai juara 2 dalam acara Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah tingkat Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI yang berlangsung selama dua hari yakni tanggal 30 – 31 Oktober 2016 di Mall Of Indonesia Kelapa Gading, Jakarta.

Festival dan kompetisi Robot Madrasah ini merupakan ajang kompetisi kemampuan para siswa madrasah dari tingkat MI, MTs, dan MA dalam bidang Robotika dan Otomasi. Pada ajang ini para peserta unjuk kemampuan dalam merakit dan memprogram robot. Pada acara ini juga ditampilkan kecanggihan beberapa jenis dan model teknologi robot yang didisplaykan. MIN Demangan patut berbangga karena tim dari MIN Demangan mampu menyisihkan peserta dari berbagai madrasah di seluruh Indonesia. Dalam acara ini dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim. “Bukan ancaman jika robot bertindak seperti manusia, tapi merupakan ancaman jika manusia bertindak seperti robot”. Ungkap Menteri Agama RI dalam memberikan sambutan pada festival dan kompetisi robotik madrasah tingkat nasional ini.

Pada kompetisi kali ini MIN Demangan mengirimkan 1 tim robotik yang terdiri dari 2 siswa dan 1 pembina. Ananda Asyam Sakhi Maulana dan Ananda Putra Hamdan adalah delegasi tim robotic MIN Demangan yang berhasil menempati Juara 2. Sedangkan juara 1 diperoleh tim dari Jakarta dan juara 3 diperoleh tim dari Jogja. Tim robotika MIN Demangan inilah yang berhasil mengharumkan nama MIN Demangan di tingkat Nasional. Prestasi tersebut tentunya tidak lepas dari do’a dan dukungan semua pihak di MIN Demangan.

“Kompetisi ini memiliki penilaian yang sangat komplek dan ada sesi pemrogramannya, Alhamdulillah berkat latihan, kekompakan dan semangat anak-anak kami berhasil menempati posisi ke 2 di tingkat nasional ini”, Ungkap Pak Hendro selaku Pembina tim robotic MIN Demangan. (ITS)