PEMBELAJARAN BERKELANJUTAN ADIWIYATA OLEH KEPALA MADRASAH MIN DEMANGAN KOTA MADIUN

Kota Madiun (MIN Demangan) – Goes to Adiwiyata Nasional. Madiun (12/10) dengan dipimpin langsung oleh Bapak Bambang Wiyono, S.Ag., M.Pd selaku Kepala Madrasah MIN Demangan bertempat di lapangan sekolah Kampus I Jl. Sitinggil No. 03 Demangan Kota Madiun, pak Bambang memimpin program adiwiyata berkelanjutan guna menerapkan kebiasaan cinta lingkungan bukan mempekerjakan siswa sebagai pekerja di lingkungan sekolah, tetapi membangun jiwa cinta lingkungan, dengan harapan bahwa generasi berikut menjadi generasi yang berbudaya lingkungan dan menjadi sebuah habit bagi semua civitas sekolah.

MIN Demangan adalah salah satu sekolah yang telah menyandang gelar sekolah adiwiyata, dan semoga tahun ini lolos sebagai sekolah adiwiyata Nasional. Pak Bambang menegaskan bahwa perubahan perilaku masyarakat menuju masyarakat yang sadar dan peduli terhadap kualitas dan kelestarian lingkungan perlu dilakukan melalui contoh nyata dari tokoh-tokoh panutan dan melalui pendidikan. Proses pendidikan lingkungan hidup perlu diberikan sejak dini, baik melalui pendidikan formal maupun informal, dan non formal.

Tidak hanya bagi guru dan karyawan saja, akan tetapi budaya peduli lingkungan ini sudah diterapkan diseluruh kelas mulai dari siswa kelas 1 hingga siswa kelas 6. Anak-anak sekolah tidak hanya dididik mata pelajaran saja, tetapi juga pendidikan karakter yang dapat mencentak ilmuwan berkarakter dan berbudi pekerti, salah satunya dengan berpraktek langsung menanam berbagai tanaman dan merawatnya sehingga sejak dini anak-anak akan tertanam jiwa kepedulian dan kecintaan terhadap tanaman serta kelestarian lingkungan hidup. Dan juga pengembangan serta pembinaan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sebagai wujud pemanfaatan limbah masyarakat. Banyak sekali karya kreatif siswa-siswi MIN Demangan yang dipaparkan dalam ruang 3R.

Semoga dengan pembelajaran berkelanjutan ini dapat menciptakan siswa-siswa yang berakhlak robani dan peduli terhadap lingkungan alam sekitar. Dan semoga juga MIN Demangan tahun ini lolos menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional. (HID)