Pelaksanaan Try Out Ujian Sekolah Kecamatan Tahap Pertama MIN Demangan

Rabu (17/2) merupakan hari terakhir siswa/i kelas VI MIN Demangan  melaksanakan Try Out tahap pertama yang diadakan oleh Kecamatan Taman, Madiun. Try out kecamatan yang pertama ini dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 17 Februari 2016.  Try out ini diadakan dengan tujuan untuk mempersiapan siswa kelas VI dalam menghadapi Ujian Sekolah dan Madrasah (US/M) yang rencananya akan di adakan serentak pada bulan Mei mendatang.

Try out Kecamatan tahap pertama ini diadakan menggunakan 5 ruang dengan tempat duduk siswa yang sudah diatur posisinya sehingga sesuai seperti saat Ujian Sekolah yang sesungguhnya.

Try Out diadakan mulai pukul 07.30 WIB hingga 09.30 WIB. Sedangkan Mapel yang diujikan pada hari Senin adalah Bahasa Indonesia, Selasa Matematika dan Rabu adalah IPA. Jumlah soal untuk mapel Bahasa Indonesia sebanyak 50 butir, Matematika 40 butir dan IPA sebanyak 40 butir. Bentuk soal dan jumlah soal sudah dibuat sesuai dengan kisi-kisi UAS/M terbaru yaitu kisi-kisi UAS/M tahun 2015/2016.

Tim pengawas yang ditunjuk adalah berasal dari kalangan guru MIN Demangan sendiri. Menurut penuturan Ibu Nana, S.Pd,” Try Out sangat penting dilakukan untuk mengukur sejauh mana  hasil pembelajaran anak, sekaligus mengukur kesiapan siswa dalam menghadapi ujian kelak.”

Ia meyakini, setelah mengikuti Try Out mental siswa akan lebih siap menghadapi ujian. Bagi guru pun kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi, sejauh mana bimbingan yang sudah dilakukan selama ini. “Guru bisa melakukan pemetaan mana kelompok soal yang mudah , soal katagori sedang atau soal yang berkatagori sulit dalam Try Out,” kata Ibu Nana, SP.d.

Masih dikatakan Ibu Nana bahwa, ada banyak waktu untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi US/M. waktu itu dapat digunakan untuk mengoptimalkan program yang capaiannya terukur, melalui efektifitas, strategi pembelajaran dan penilaian dari waktu ke waktu, sehingga setiap siswa diketahui perkembangannya dan peningkatan hasil belajarnya.

“Semua itu akan berhasil , bila kepsek, guru , siswa dan orang tua saling bekerjasama dan saling mendukung. Kepada guru dan siswa tunjukan prestasi terbaikmu,” tandas dia. (ZUL)