MIN DEMANGAN TERAPKAN BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN SEJAK DINI

Kota Madiun (MIN Demangan) – (9/9) Salah satu motto sekaligus visi dari MIN Demangangan Kota Madiun yaitu “Berwawasan Lingkungan”. Sebagai salah satu sekolah yang menyandang gelar sekolah adiwiyata, MIN Demangan Kota Madiun telah menerapkan budaya peduli lingkungan. Tidak hanya bagi guru dan karyawan saja, akan tetapi budaya peduli lingkungan ini sudah diterapkan diseluruh kelas mulai dari siswa kelas 1 hingga siswa kelas 6.

Dalam menciptakan budaya lingkungan di MIN Demanagan Kota Madiun ini melibatkan gagasan, rasa dan tindakan. Gagasan untuk mengolah lingkungan madrasah, rasa peduli terhadap lingkungan madrasah agar tercipta lingkungan yang nyaman dan asri, serta tindakan sebagai wujud kesadaran terhadap lingkungan. Seluruh warga MIN Demangan berperan aktif dalam mewujudkan budaya peduli lingkungan ini.

Penanaman budaya peduli lingkungan sejak dini di MIN Demangan ini diterapkan mulai dari hal-hal kecil, seperti pembiasaan membuang sampah sesuai tempat yang telah disediakan. Mulai dari sampah kering, sampah plastik, dan sampah basah. Pembiasaan ini sudah diterapkan mulai dari kelas 1 sehingga kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan sudah tertanam pada diri anak-anak.

Selain pembiasaan membuang sampah pada tempatnya, terdapat beberapa pembiasaan lain agar tercipta lingkungan yang nyaman dan asri. Budaya SPS atau Siram, Pipis, Siram yang sudah dipajang ditiap toilet agar anak-anak selalu ingat sehingga kondisi toilet tetap terjaga dan tidak berbau menyengat. Budaya merawat tanaman juga telah diterapkan di MIN Demangan dengan adanya jadwal merawat dan menyiram tanaman yang ada disekitar kelas bagi anak-anak mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 dengan bimbingan guru.

Langkah-langkah yang sederhana tersebut diharapkan dapat mengena dibenak setiap siswa dan seluruh warga MIN Demangan untuk mewujudkan individu yang berwawasan lingkungan dan sebagai wujud dari gelar sekolah adiwiyata. (ITS)