MIN 1 KOTA MADIUN LAKUKAN COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kota Madiun (Kota Madiun) – Tak terasa Penilaian Akhir Semester (PAS) 1 dimulai. Tepat dihari Senin (2/12) MIN 1 Kota Madiun serentak melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) 1. Siswa-siswi menyambutnya dengan suka cita. PAS 1 kelas 1-3 dijadwalkan hingga hari senin mendatang sedangkan kelas 4-5 dijadwalkan hingga hari selasa depan.  Dalam kegiatan PAS setiap harinya dimulai pukul 07.00 hingga selesai. Kegiatan PAS 1 bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa-siswi MIN 1 Kota Madiun selama semester 1.

Menariknya dalam Penilaian Akhir Semester 1 ini berbeda dengan tahun lalu. Pasalnya MIN 1 Kota madiun sudah menerapkan Ujian berbasis Computer Based Test (CBT). CBT dalam PAS 1 ini diterapkan untuk siswa siswi kelas 6 unggulan dan reguler serta kelas 5 unggulan.  Teknis CBT dilaksanakan dalam 1 sesi sesuai jadwal  PAS.  Dalam ujian ini anak-anak menggunakan laptop. Dan untuk siswa kelas 1-4 baik unggulan maupun reguler dan kelas 5 reguler masih paper test.

Banyak sekali manfaat penggunaan CBT.  Hendro selaku pengelola CBT mengatakan “beberapa manfaat yang diperoleh dengan ujian berbasis cbt antara lain minimnya kemungkinan soal yang terlambat datang, tertukar dan ketidakjelasan hasil cetak soal, proses pengumpulan dan penilaian jauh lebih mudah, hasil ujian dapat diumumkan jauh lebih cepat, ujian mendorong terwujudnya efektifitas, efisiensi, dan transparansi penyelenggaraan ujian.”

“Selain itu keuntungan dari sistem cbt adalah (1) menghemat penggunaan kertas. Dalam pelaksanaan cbt ini, tujuan yang utama adalah menghemat penggunaan kertas yang dinilai sangat boros dalam pelaksanaan paper based test. (2)menghemat biaya percetakan.selain menggunakan kertas yang banyak, pbt juga melibatkan banyak percetakan dengan anggaran yang tidak sedikit. Oleh karena itu, cbt menghemat biaya percetakan karena semua soal ujian berbentuk soft copy bukan hard copy. (3)menghemat waktu. Dalam pelaksanaan pbt, peserta harus melengkapi data diri di dalam lembar jawaban komputer. Hal ini menyita waktu yang cukup banyak. Sedangkan dalam pelaksanaan cbt peserta dapat menghemat waktu karena peserta hanya perlu login dan data diri peserta akan terdeteksi.” Ungkap Hendro

Semoga MIN 1 Kota Madiun selalu melakukan inovasi dalam berbagai bidang. Dan CBT merupakan terobosan terbaru untuk menjadikan Ujian lebih praktis, efisien dan efektif. (EM)