BULE ASAL MARYLAND AMERIKA GEMPARKAN MIN 1 KOTA MADIUN DALAM KEGIATAN NATIVE SPEAKER

Kota Madiun (MIN 1) – Sabtu (21/09) bule asal Maryland Amerika mengguncangkan MIN 1 Kota Madiun. Tepatnya dalam kegiatan native speaker, bule atas nama Miss Caroline bertatap muka dengan siswa-siswi MIN 1 Kota Madiun. Native Speaker adalah penutur/pengguna asli suatu bahasa. Melalui latihan percakapan dengan penutur asli, seorang pelajar bahasa asing akan menyerap gaya bahasa mereka, kalimat-kalimat yang janggalpun akan bisa dikoreksi oleh penutur asli. Dengan demikian, pelajar bahasa asing tersebut setahap demi setahap akan mampu berbicara bahasa asing dengan lebih alami.

Kegiatan native speaker di MIN 1 Kota Madiun berlangsung 2 sesi. Sesi pertama yaitu hari sabtu tanggal 14 September 2014 dibagi 2 kloter. Untuk kloter pertama kelas 1A – 1B  dan kelas 2A-2C dari jam 08.00 s/d 09.00 WIB. Kloter kedua untuk kelas 1BC dan 3   ABC dari jam 09.30 s/d 11.30 WIB. Sesi kedua yaitu 4A – 4C 2C dari jam 08.00 s/d 09.00 WIB  dan kelas 5AB Dan 6AB dari jam 09.30 – 10.30 WIB. Karena seringnya diucapkan dalam bahasa inggris, maka native speaker biasanya merujuk kepada pengguna bahasa tersebut.

Dalam kesempatan kali ini Miss Caroline menjabarkan beberapa informasi penting tentang keadaan tempat tinggal aslinya di Maryland, Amerika. Diantara mengenai bidang pertanian yang terkenal dengan musim panen raya labu yaitu halloween. Miss Caroline juga menjelaskan bahwa di kota Maryland terdapat 4 musim, yaitu musim panas, dingin, semi dan gugur. Disana juga terdapat hari ayah dan hari ibu serta hari kemerdekaan yang sangat meriah pada bulan-bulan tertentu.

Setelah penjelasan tersebut, Miss Caroline mengajak siswa-siswi menyanyi bersama. Anak-anak pun antusias dan sangat gembira. Dan kegiatan terakhir yaitu tanya jawab, siapa yang berani bertanya akan mendapatkan reward cantik dari Miss Caroline. “semoga dengan adanya kegiatan Native speaker ini, anak-anak lebih mengerti tentang spelling yang baik dan benar sesuai tata bahasa. Dan semoga anak-anak lebih semangat belajar bahasa inggris dan dapat menguasai aturan penggunaan bahasa inggris secara formal” tutur Miss. Titis salah satu guru basaha inggris di MIN 1 Kota Madiun.

Diakhir kegiatan ditutup dengan foto bersama tiap kelas dengan Miss Caroline. (HU)