Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) MIN Demangan Madiun

Seluruh siswa-siswi Kelas I, II dan III MIN Demangan Kota Madiun telah mengikuti kegiatan rutin yang diadakan oleh TIM UKS yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Puskesmas Demangan. Kegiatan tersebut adalah BIAS atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah tahun 2014. Dalam kegiatan ini ada dua imunisasi yang akan diberikan yaitu imunisasi DT dan TD. Imunisasi DT (Difteri) diberikan pada anak kelas I sedangkan imunisasi TD (Tetanus Neonatorum) untuk kelas 2 dan 3. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari , untuk kelas I hari rabu (19/11/2014), Kelas 2 hari Kamis (20/11/2014 sedangkan Kelas 3 besok hari Senin (24/11/2014).

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah1) Untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit Difteri dan Tetanus Neonatorum. 2) Mempertahankan Eleminasi Tetanus Neonaturum dan pengendalian penyakit Difteri pada anak sekolah. Selain itu perlu kita ketahui bersama bahwa Difteri adalah penyakit radang tenggorokan yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian anak hanya dalam beberapa hari saja. Sedangkan Tetanus Neonatorum adalah penyakit kejang otot seluruh tubuh dengan mulut terkancing tidak bisa dibuka. sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat penting bagi siswa untuk mencegah penyakit tersebut sejak dini.

Kegiatan BIAS kali ini sedikit terhambat karena adanya sejumlah siswa yang takut pada jarum suntik. Namun, kegiatan tetap bisa dikondisikan dengan baik dan berjalan dengan lancar atas adanya kerja sama yang baik antara petugas, guru, dan siswa. “Ujar Ibu Suryani, Koordinator UKS MIN Demangan Kota Madiun,” (nida)