Workshop K13 & Outbound guru MIN Demangan Kota Madiun

Semangat para Guru MIN Demangan Madiun, untuk meningkatkan motivasi dan kinerja dalam mengajar sudah terlihat saat mulai kedatangan peserta workshop di Sarangan pada Sabtu tanggal 05 Desember 2015. Kegiatan ini diadakan berangkai dengan kegiatan outbound pada hari Minggu tanggal 06 Desember 2015. Workhsop peningkatan kinerja dan pengembangan kurikulum ini resmi dibuka pada hari Sabtu pukul 14.00 WIB oleh Bapak Kepala Kemenag Kota Madiun yaitu Bapak Amir Solehudin, S. Ag. Workshop tersebut dinarasumberi oleh Bapak Amir Solehudin dan juga Bapak Mistakhul Khairi. Acara workshop selesai hingga pukul 21.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan acara outbound pada besoknya pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Acara outbound diisi dengan serangkaian game-game seru yang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kekompakan, kerjasama, kecerdasan kinestetis-jasmani, kecerdasan matematis-logis serta kecerdasan interpersonal. Tim Outbound didatangkan dari Bakti Ibu dengan coordinatornya adalah Bapak Eko. Dalam kegiatan Outboud guru MIN Demangan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok saling beradu untuk menentukan juaranya. Rangkaian kegiatan game tersebut meliputi yel-yel, bola pipa, mengangkat air dengan tali, melempar telur tanpa mengakibatkan telur pecah, dan masih banyak lagi. Diluar game tersebut juga terdapat kegiatan panjat jarring laba-laba yang telah disediakan oleh tim.

Kegiatan berlangsung sangat seru, apalagi dalam game Outbound tersebut ikut serta pula Bapak Kepala MIN Demangan Bambang Wiyono, S.Ag M.Pd dan Bapak Kepala Kemenag Kota Madiun, Amir Solehudin, S.Ag.

Menurut penuturan Bapak Amir, “Guru sebagai pelaksana pendidikan mempunyai tugas utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik agar potensi peserta didik berkembang menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cakap, berilmu, mandiri kreatif dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab sehingga kegiatan Workshop dan outbound ini sangat bagus sekali diadakan, karena dapat dijadikan ajang untuk menjadikan guru – guru MIN Demangan lebih produktif dan efektif.”

Beliau melanjutkan bahwa guru yang produktif dan efektif adalah guru yang mampu melaksanakan tujuh tugas utama guru dan berhasil mewujudkan tujuan pendidikan nasional, seperti pada satuan pendidikan dasar yaitu:

1. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, kesehatan jiwa, serta kebersihan lingkungan

2. Menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia yang ditandai dengan kepatuhan menjalankan ajaran agama.

3. Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya

4. Peningkatan pemahaan potensi diri,  keadaran sosial yang berkarakter yang ditunjukkan dengan indikator (1) mengenal potensi kekurangan dan kelebihan diri (2) Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan. (3) Bekerja sama dalam kelompok, tolong, menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya (4) Mematuhi aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya. (5) Berkomunikasi dengan jelas dan santun.

5. Belajar dan berinovasi meliputi (1) Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis,  dan kreatif. (2) Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan kompetitif. (3) Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya (4) Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (5) Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar (6) Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab (7) Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis (8) Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung.

6. Melakukan kegiatan seni dan budaya lokal.

7. Berwawasan kebangsaan yang ditunjukkan dengan (1) Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan (2) Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia.

8. Berwawasan global

Dengan demikian, diadakannya kegiatan workshop dan outbound sarangan diharapakan MIN Demangan mampu menghasilkan dan meningkatkan mutu lulusan. Semoga dengan kegiatan yang pertama ini, bisa memberi semangat baru untuk menjadi guru yang produktif dan efektif. (ZUL)