Bimtek Nasional Online pembelajaran Qur’an Hadist MI zona I berjalan lancar

Kota Madiun (MIN 1) – Jumat (09/10) Bimtek Nasional Online pembelajaran Qur’an Hadist MI zona Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Banten, dan Bali berjalan sukses dan lancar. Bimtek bertempat di MIN Demangan kampus I Jl. Sitinggil No. 3 Madiun dengan diikuti oleh 28 guru Qur’an Hadist seluruh pengajar MI di Kota Madiun. Bimtek berlangsung selama 2 hari yakni jumat-sabtu (9-10 Oktober 2020). Karena ada masa pandemi ini Bimtek dilaksanakan secara daring dengan Webinar Series.

Dampak pandemi Covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia memberikan tantangan tersendiri untuk para guru. Pemerintah menetapkan pembelajaran akan terus dilakukan secara daring hingga akhir tahun 2020 ini.  Karena kemajuan kualitas pendidikan tidak pernah terlepas dari kualitas tenaga pendidiknya.

Peserta Bimtek Nasional Online Webinar belajar di antaranya tentang topik-topik pendekatan pembelajran abad 21 dalam PAI, Esensi KI/KD KMA 183 Mapel Qurdist, perencanaan penilaian pelajaan qurdist pada masa darurat maupun normal, tekhnik mendesain adaptasi kurikulum Qurdist pada masa darurat, revolusi pembelaran di madrasah, tekhnik mendesain, pembelajaran jarak jauh pada masa darurat serta mengoperasikan LMS e-learning madasah.

Bimtek dibuka dengan diwakili oleh Kasi Pendma Kemenag Kota Madiun yaitu oleh Bapak Sigit Hariyanto, S.Pd. “Metode pembelajaran di kelas tentunya tidak akan bisa diterapkan secara maksimal dalam pembelajaran secara daring. Diperlukan metode baru yang lebih cocok sehingga pembelajaran secara daring dapat berlangsung dengan maksimal. Menghadapi hal tersebut, semoga dengan bimtek ini kita berupaya meningkatkan metode dan kualitas guru khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.”

Dalam bimtek ini tidak lepas dari protokol kesehatan, dimana semua wajib memakai masker, face shield, sarung tangan karet, dan berjarak 1m antara 1 peserta dengan yang lainnya untuk tetap dijaga dan dilaksanakan demi memutus mata rantai penyebaran covid 19. (hu)