BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN E LEARNING GURU MATA PELAJARAN FIKIH MELALUI APLIKASI ZOOM

Kota Madiun (MIN 1) – Sabtu (24/10) adalah hari kedua Bimbingan Teknis  (Bimtek) Implementasi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 dan 184) dan Implementasi E-Learning jenjang MI (Pembelajaran Fikih MI Zona Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI. Yogyakarta, Banten dan Bali). Kegiatan ini bertujuan untuk membekali guru dalam mengimplementasikan kurukulum mata pelajaran fikih pada e learning. Bimtek ini diselenggara secara virtual (zoom meeting). Kegiatan yang berpusat di titik zoom MIN 1 Kota madiun dihadiri oleh guru mata pelajaran fikih di beberapan Madrasah yang ada di Kota Madiun.

Kegiatan pada hari pertama dimulai pukul 07.0-17.00 WIB. Materi pertama yang disampaika adalah Revolusi Pembelajaran di Madrasah oleh Direktur KSKK Madrasah. Dilanjutkan dengan materi  Teknik Mendesain Adaptasi Kurikulum Fikih MI pada Masa Darurat oleh Siti Nurul Anjumi. Lalu materi Perencanaan Penilaian Mata pelajaran Fikih MI pada masa darurat maupun normal oleh Zuliatin Nafisah, M.Pd .  Jeda istirahat 30 menit . Kemudian materi Mengoperasionalkan LMS ELearning Madrasah oleh Vivin Biantoro, S.Pd. Pukul  15.00-17.00 diisi dengan materi Pendekatan Pembelajaran Abad 21 dalam Pembelajaran PAI oleh Dr. Imam Bukhori, M.Pd.. Kegiatan hari pertama berjalan lancar.

 

Dihari kedua kegiatan berlanjut dimulai pukul 07.30-16.30 WIB. Acara dibuka dengan materi Menerjemahkan kelenturan KMA 184 dalam membuka ruang kreasi dan inovasi guru dalam melayani keberagaman bakat dan minat siswa oleh Dr. H. Suwardi, M.Pd selama 2 jam. Dilanjutkan dengan materi  Teknik Mendesain Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih MI (Termasuk Pada Pembelajaran Jarak Jauh berbasis ELearning) oleh  Shofar Sholahudin Bisri. Dua jam berlalu materi beralih tentang  Esensi KI/KD dalam KMA 183 Mata Pelajaran Fikih MI disampaikan oleh Amin Hasan, M.Pd. Serta pemateri terkahir dihari kedua disampaikan oleh Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd tentang Strategi Melahirkan Keunggulan madrasah pada KMA 184 dan 183 Tahun 2019.

 

“Alhamdulillah acara berjalan lancar, kegiatan ini sangat menarik terlihat dari antusias peserta yang bertanya terkait materi yang disampaikan. Semoga dengan adanya bimtek dapat menambah wawasan guru mata pelajaran fikih terutama guru di MIN 1 Kota Madiun sehingga bisa menjadikan guru yang hebat dan bermartabat sesuai dengan visi misi kementerian agama.” Ucap Ibu Rizka salah satu peserta bimtek. (EM)